Model perilaku konsumen dapat di artikan sebagai sesuatu yang mewakili apa yang di yakinkan konsumen dalam mengambil keputusan membeli.
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
Dua wujud konsumen
Ø Personal Consumer
Mengkonsumsi barang atau jasa untuk diri sendiri.
Ø Organizational Consumer
Mengkonsumsi barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan atau menjalankan suatu organisasi/kelompok.
Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
Ø Faktor Sosial
Þ Group (Kelompok)
Þ Family Influence (Pengaruh keluarga)
Þ Roles and Status (Status dan peran)
Ø Faktor Personal
Þ Economic Situation (Situasi Ekonomi)
Þ Lifestyle (Gaya hidup)
Þ Age and Life Cycle Stage (Siklus kehidupan)
Þ Occupation (Pekerjaan)
Þ Personality And Self Concept (Konsep diri dan kepribadian)
Ø Faktor Psikologi
Þ Motivasi
Þ Persepsi
Þ Pembelajaran
Þ Beliefs and Attitude
Ø Faktor Kultural
Þ Subculture
Þ Kelas Sosial
Ø Keputusan Pembelian
Þ Fully Planned Purchase
Þ Partially Planned Purchase
Þ Unplanned Purchase
Pendekatan Perilaku Konsumen
Pendekatan perilaku konsumen terbagi dua yaitu:
Ø Teori Kardinal
Ø Teori Ordinal
10 Perilaku Konsumen Indonesia
Menurut Handi Irawan perilaku konsumen Indonesia dikategorikan menjadi sepuluh, yaitu:
Ø Berpikir jangka pendek (short term perspective)
Ø Tidak terencana (dominated by unplanned behavior)
Ø Suka berkumpul
Ø Gagap teknologi (not adaptive to high technology)
Ø Berorientasi pada konteks (context, not content oriented)
Ø Suka buatan Luar Negeri
Ø Beragama(religious)
Ø Gengsi (putting prestige as important motive)
Ø Budaya lokal (strong in subculture)
Ø Kurang peduli lingkungan (low consciousness towards environment)
Perilaku konsumen adalah tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk dan jasa mereka. Fokus dari perilaku konsumen adalah bagaimana individu membuat keputusan untuk menggunakan sumber daya mereka yang telah tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar