Senin, 26 Maret 2012

Resume Struktur Pasar

Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara pembeli dan penjual suatu barang/jasa tertentu, sehingga terjadi keseimbangan harga suatu barang.

Setiap pasar mempunyai ciri yang berbeda-beda. Keunggulan dan kelemahan pasar dapat mempengaruhi suatu pasar ditentukan dari tingkat variasi produk, banyaknya perusahaan pesaing, dan kekuasaan dalam menguasai pasar.

            Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.

Jenis-jenis Struktur Pasar :

1)      Pasar Persaingan Sempurna

Pada struktur pasar persaingan sempurna, jumlah pembeli dan penjual sangat banyak. Transaksi pembeli dan penjual tidak bisa mempengaruhi harga produk tersebut. Informasi tentang harga dan kualitas produk itu sempurna dan setiap perusahaan bisa dengan mudah mendapatkannya.

2)      Pasar Persaingan Tidak Sempurna

a)      Pasar Monopoli

Pasar Monopoli adalah struktur pasar yang ditandai oleh adanya seorang produsen tunggal. Perusahaan monopoli memiliki kendali penuh untuk menentukan kuantitas serta harga produk.
 
Ciri-ciri dari pasar monopoli antara lain:

i)        Produk yang dihasilkan oleh perusahaan monopoli tidak ada barang substitusinya.
ii)      Adanya seorang penjual yang menguasai pasar dengan jumlah pembeli yang sangat banyak.
iii)    Tidak ada pengusaha lain yang bisa memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan perusahaan.

Ada beberapa penyebab terjadinya pasar monopoli, di antara penyebabnya adalah sebagai berikut:

i)        Peraturan pemerintah.
ii)      Kepercayaan masyarakat atas produk tersebut.
iii)    Hak paten atau hak cipta.
iv)    Sumber daya perusahaan monopoli.

b)      Pasar Monopolistik

Pasar monopolistik adalah struktur pasar yang mirip dengan pasar persaingan sempurna, tetapi pada pasar monopolistik para produsen menghasilkan atau menjual barang yang berbeda corak atau keunggulan.

c)      Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli adalah struktur pasar di mana hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang memproduksi hampir semua output industri dan mempunyai keputusan yang saling mempengaruhi.

Jenis-jenis pasar Oligopoli :

Berdasarkan produk yang diperdagangkan, pasar oligopoli dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :

i)        Pasar oligopoli murni, yaitu pasar yang dimana barang yang diperdagangkan merupakan barang yang bersifat identik.
ii)      Pasar oligopoli dengan pembedaan, yaitu pasar yang dimana barang yang diperdagangkan masih satu jenis tetapi model (detailnya) dapat dibedakan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar